Kamis, 11 Agustus 2011

Turba PC dan Fulus Jam'iyah

Banyak jalan menuju Roma. Itulah yang dilakukan Pengurus Cabang NU Bondowoso masa khidmat 2011 - 2012. Bagaimana bisa memperoleh dana ketika tidak ada ada sumber tetap untuk biaya oprasional jam'iyah/organisasi sebesar NU. Pendanaan sebuah ormas semacam NU yang semestinya dibiayai oleh warga, dengan ianah syahriyah sebagaimana diatur dalam AD/ART NU merupakan kewajiban warga. Namun relatif kurang berjalan sebagaimana mestinya. Sementara tuntutan dana oprasional yang diperlu untuk menjalankan roda organisasi relatif sangat besar.

PCNU Bondowoso pada tahun anggaran 2011 ini bekerja sama dengan Bupati atau Pemkab Bondowoso dalam bidang Sosialisasi Program Pembangunan Kabupaten Bondowoso tahun 2011. Pemkab Bondowoso telah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan tersebut sebesar Rp 150.000,00 ( seratus lima puluh juta rupiah ). Usulan proposal tawaran kerja sama ini di terima oleh Bpk Bupati Bondowoso dengan pertimbangan bahwa Organisasi Nahdlatul Ulama di Bondowoso merupakan organisasi terbesar. Sembilan puluh persen lebih warga Bondowoso adalah Nahdliyyin. Dan NU di Bondowoso mempunyai jaringan pengurus hingga di seluruh Desea di wilayah Kabupaten Bondowoso semua nya ada pengurus ranting NU, bahkan hingga RW dan RT pun hampir semuanya ada PAR ( Pengurus Anak Ranting ). Di samping hal tersebut, bahwa kesuksesan program Pembangunan itu bukan semat-mata tanggung jawab pemerintah, melainkan peran serta semua lapisan masyarakat adalah sebuah keniscayaan. Akhirnya MoU kespakatan ditandatangi kedubelah pihak.

Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi ini, PCNU bekerja sama dengan MWC-MWC dan Para Peengurus Cabang NU Bondowoso telah sepakat tidak akan mengambil dana sepesrpun dari dana sosialisasi ini.

Bagaikan menyelam sambil minum, PCNU dalam melaksanakan kegiatan ini sekaligus program Turba Jam'iyah, lewat kesempatan ini dapat terlaksana. Biaya segala macam pelaksanaan kegiatan ini, baik pengurus, MWC atau Warga yang ditempati, ataupun para Nara Sumber Sosialisasi, setelah diterima diinfakkan ke PC. Akhirnya dana sebesar seratus lima puluh juta utuh menjadi kas PCNU. Selain bisa memperoleh dana , PCNU sekaligus dapat melaksanakan program Turba ke MWC-MWC yang menjadi program yang telah diamanatkan/hasil konferensi NU Cabang Bondowoso di PP Zainul Bahar Zanuai 2011.

Sebelum Romadhan ada tiga wilayah MWC/kecamatan yang telah dilaksanakan, yaitu kecamatan Tamanan, Grujugan dan Kecamatan Kota. Pada tiga tempat tersbut hadir pengurus PC lengkap dan Bapak Bupati Bondowoso serta Ketua DPRD kab Bondowoso juga sempat hadir. " Mengapa kerja sama dengan NU ? Bondowoso kita inginkan menjadi pilot proyek apa yang telah disabdakan Nabi Muhammad SAW, bahwa ada dua golongan manusia, apabila keduanya baik, maka akan baik manusia, dan apabila keduanya rusak, maka akan rusaklah manusia. Siapa dua golong dimaksud ? Yaitu Ulama dan Umara." Sambutan Bupati pada kegiatan sosialisasi yang bertempat di Kediaman Drs.H.Munawir Ulum, wakil ketua PCNU Bondowoso.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar